Kode Etik di Dalam Teknologi Informasi


Di jaman sekarang perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat semua orang tidak lepas dengan "Internet". Hal ini dapat mempengaruhi cara berpikir manusia, baik dalam pemecahan masalah, pengambilan keputusan dan berpengaruh dalam cara pandang manusia terhadap etika dan norma dalam kehidupan.

Dalam pekembangan teknologi, kode etik sangat dibutuhkan oleh semua orang. Kode etik ini berkaitan dengan etika dalam penggunaan teknologi. 
Pada dasarnya etika adalah hukum atau aturan yang mengendalikan seta membatasi perilaku manusia. Tetapi dalam konteks ini kita membahas tentang "Kode Etik di Dalam Teknologi Informasi".

Sumber : pngtree.com
Kode etik dalam teknologi informasi adalah suatu hal yang membahas tentang cara menggunakan sebuah teknologi dengan bijak agar tidak menimbulkan masalah pada diri kita dan orang di sekitar kita.

ETIKA-ETIKA DALAM TEKNOLOGI INFORMASI

Computer Ethic

Munculnya etika komputer sebagai sebuah bidang studi dimulai dari pekerjaan yang profesional. Menurut Deborah Johson, menggambarkan etika sebagai konsekuensi dari pengembangan dan penyebaran komputer dan teknologi komputer. Dalam hal ini melibatkan 2 kegiatan. Yang pertama, mengidentifikasi dan membawa menjadi fokus masalah dan meningkatkan kesadaran etika dimensi dari situasi tertentu. Yang kedua, menyediakan pendekatan, sarana untuk memajukan ilmu beretika dan menyarankan cara untuk mencapai solusi bijak.

Netiquette

Netiquette adalah etika berkomunikasi dalam menggunakan internet. Kenapa Netiquette sangat penting bagi kita? Karena internet hampir digunakan oleh semua orang yang ada di seluruh dunia yang artinya pengguna internet ini memiliki budaya, bahasa yang berbeda-beda. Jadi kita harus berhati-hati dalam berkomunikasi melalui internet, karena bisa saja kita menyinggung perasaan orang lain.

Kejahatan Komputer


Perkembangan teknologi komputer yang sedemikian pesat, selain membawa dampak positif bagi umat manusia, disisi lain juga mengundang tangan-tangan kriminal untuk beraksi, baik untuk mencari materi maupun sekedar iseng

E-Commerce

E-commerce dapat menimbulkan beberapa isu yang menyangkut aspek hukum perdagangan dalam penggunaan sistem yang terbentuk secara online networking management tersebut.

Tanggung Jawab Profesi

Dengan berkembangannya teknologi, para profesional di bidang komputer sudah melakukan spesialisasi di bidang pengetahuan dan mempunyai posisi yang tinggi di masyarakat. Organisasi profesi di AS,  seperti Association for Computing Machinery (ACM)    dan Institute of Electrial and Electronic Engineering (IEEE), sudah menetapkan kode etik, dan syarat-syarat pelaku profesi dan garis besar pekerjaan untuk membantu para profesional komputer dalam memahami dan mengatur tanggung jawab etis yang dipenuhinya. Di Indonesia, profesi di bidang komputer yang bernama IPKIN (Ikatan Profesi Komputer dan Informatika) pada tahun 1974 sudah menetapkan kode etik yang sudah disesuaikan dengan kondisi perkembangan pemakaian teknologi komputer di Indonesia.

Pelanggaran Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)

Teknologi yang bekerja secara digital, komputer memiliki sifat fleksibel yagn tinggi. Kasus pelanggaran diatas hak kekayaan intelektual tersebut, seperti pembajakan software, dan lain-lain.


Terima Kasih

Referensi
______________________________________________________________________________
 Wahyono, Teguh.Etika Komputer + Tanggung Jawab Profesional di Bidang Teknologi Informasi.2009.Yogyakarta : Andi.
________________________________________________________________________________________________________

Comments