Domain Name System

DNS


Pengertian DNS

DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang berguna untuk mengubah alamat IP ke alamat domain atau sebaliknya. Dengan DNS semua orang dapat menulis domain di web browser anda dan komputer anda akan menemukan domain tersebut di internet.


Cara Kerja DNS

Sebelum mengetahui cara kerja DNS, perlu diketahui bahwa pengelola DNS terdiri dari 3 komponen, yaitu :
  1. DNS resolver adalah klien yang membuat permintaan DNS dari suatu program aplikasi ke server.
  2. Recursive DNS server adalah sistem yang bertugas untuk melakukan pencarian melalui DNS berdasarkan permintaan klien atau resolver, lalu memberikan jawaban pada resolver tersebut.
  3. Authoritative DNS server sistem yang memberikan tanggapan setelah recursive melakukan pencarian. Tanggapan ini berupa sebuah jawaban ke DNS server lainnya.
Untuk menjalankan tugasnya, server DNS memerlukan program client yang bernama resolver untuk menghubungkan setiap komputer user dengan server DNS. Jadi untuk terhubung ke server DNS, kita perlu menginstall web browser pada komputer kita.



Gambar diatas adalah mekanisme DNS bekerja, berikut penjelasannya :
  1. DNS resolver melakukan pencarian alamat host pada file HOSTS. Jika alamat host yang dicari sudah ditemukan dan diberikan, maka proses selesai.
  2. DNS resolver melakukan pencarian pada data cache yang sudah dibuat oleh resolver untuk menyimpan hasil permintaan sebelumnya. Bila ada, kemudian disimpan dalam data cache lalu hasilnya diberikan dan selesai.
  3. DNS resolver melakukan pencarian pada alamat server DNS pertama yang telah ditentukan oleh pengguna.
  4. Server DNS ditugaskan untuk mencari nama domain pada cache-nya.
  5. Apabila nama domain yang dicari oleh server DNS tidak ditemukan, maka pencarian dilakukan dengan melihat file database (zones) yang dimiliki oleh server.
  6. Apabila masih tidak ditemukan, pencarian dilakukan dengan menghubungi server DNS lain yang masih terkait dengan server yang dimaksud. Jika sudah ditemukan kemudian disimpan dalam cache lalu hasilnya diberikan ke client (melalui web browser).


Contoh DNS Translator

Jika kita ingin mencari website di internet, kita hanya menuliskan domainnya saja. Seperti mencari website facebook, kita hanya menuliskan www.facebook.com lalu DNS bekerja untuk mentranslasikan nama domain ke IP facebook (31.13.71.36) dan masuk ke halaman facebook.

Fungsi DNS

Dari penjelasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa DNS memiliki fungsi sebagai berikut :
  1. Mempermudah pengguna dalam menelusuri internet karena tidak perlu mengingat setiap alamat IP dari website tersebut.
  2. Penyedia alamat IP bagi setiap host 
  3. Mengubah domain menjadi IP address atau sebaliknya

Terima kasih

Comments

Popular posts from this blog

Kode Etik di Dalam Teknologi Informasi